Semarang Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Kementerian Riset, Teknologi menyelenggarakan Workshop Penulisan Proposal Bagi Dosen Peneliti Pemula, bertempat di kampus II Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas) selama dua hari, 31 Maret s.d 1 April 2016.

Plt. Rektor Unwahas, Dr. H. Noor Achmad, MA saat membuka acara menyampaikan, pengembangan riset yang dilakukan oleh Kemenristek Dikti saat ini sungguh luar biasa, sehingga perlu diberikan apresiasi terhadap upaya yang dilakukan melalui penggalakan riset. “Sebagai peneliti muda Saudara harus dapat memfaatkan kesempatan yang ada untuk menjadi peneliti handal.” katanya.

Dr. Noor mengharapkan kepada peserta workshop, agar lima tahun ke depan mampu mengeluarkan jornal-jornal yang bisa digunakan sendiri.

Senada dengan apa yang disampaikan rektor Unwahas, Kepala Sub Direktorat Peningkatan Kapasitas Riset, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Ir. Mustangimah, M.Si mengatakan bahwa target penyelenggaraan Workshop ini yakni mampu menembus publikasi internasional.

“Untuk menembus ke sana harus dilakukan penelitian dengan baik dan berkualitas tinggi. Penelitian yang baik dan berkualitas tinggi, harus diawali oleh proposal yang baik dan berkualitas tinggi pula.” tandasnya

Menurutnya, di tingkat Asean untuk publikasi ilmiah kita masih berada diperingkat lima. “Dengan realitas yang ada tersebut, kita pingin kenceng. Maka, perlu kita “genjot” untuk peningkatan kapasitas ini.

Dia menambahkan, mengenai skim baru untuk penelitian ada tiga, pertama penelitian Pasca Doktor, Sosial Humaniora, dan Penelitian Karya Cipta dan Seni. “Untuk tiga aspek ini, seleksinya dilakukan tahun ini. Sedangkan mengenai pembiayaan pada tahun depan.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *